Skip to main content

Penyakit Menular dan Tidak Menular Kelas 5 SD


Pembelajaran PJOK Melalui Daring Kelas 5 SD
Assalamualaikum, bagaimana kabarnya? Pasti sudah kangen kan dengan sekolah. Tapi apalah daya kita masih harus tetap dirumah karena ada virus corona Covid 19 supaya kita bisa memutus rantai penyebaran virus ini. Jaga kesehatan walaupun saat berpuasa dengan makan makanan yang bergizi ketika berbuka dan sahur. Lindungi diri dan keluarga dari virus corona dengan selalu cuci tangan kalian,dan tetap dirunah saja apabila bepergian gunakanlah maskes ya.
Oke langsung saja bacalah materi dibawah ini supaya kamu dapat memahami tentang penyakit menular dan tidak menular.

Bab 9
Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit
Kamu pasti mengetahui bahwa kesehatan mahal harganya. Jika tidak menjaga kesehatan, kamu dapat menderita penyakit. Saat tubuh masih sehat, kamu hendaknya mensyukuri karunia Tuhan tersebut. Bagaimana caranya? Berolahraga secara teratur, cukup istirahat, dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya, jika kamu meremehkan, boleh jadi kamu terkena penyakit, baik penyakit menular maupun tidak menular. Agar terhindar dari penyakit, kamu hendaknya memahami dan menerapkan konsep pemeliharaan diri. Materi inilah yang akan kamu bahas pada pelajaran ini.

Penyakit Menular
Sakit adalah suatu kondisi tubuh atau sebagian organ tubuh yang fungsinya terganggu. Orang mungkin sakit karena terjangkit penyakit tertentu.

Pengertian Penyakit Menular
Apa yang dimaksud penyakit menular?
Penyakit menular adalah penyakit menular kepada manusia yang disebabkan agen biologi seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Macam-Macam Penyakit Menular
Apa saja macam-macam penyakit menular?
penularan penyakit disebabkan oleh penyakit menular langsung serta penyakit menular vektor dan binatang pembawa penyakit. Penyakit menular vektor adalah penyakit yang ditularkan oleh serangga, misalnya nyamuk, binatang pembawa penyakit (artinya binatang yang tidak menyebabkan penyakit, tetapi mampu menyebarkan penyakit)Contoh binatang pembawa penyakit, yaitu burung, anjing, dan tikus.
Daftar sebagian penyakit menular langsung serta penyakit menular melalui vektor dan binatang pembawa penyakit dapat kamu cermati pada tabel berikut.


Demam Berdarah Dengue (DBD)
Nyamuk Aedes aegypti merupakan pembawa virus yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue. DBD berasal dari virus dengue yang terdiri atas empat jenis, yaitu DEN-1, DEN 2, DEN-3, dan DEN-4.
Gejala yang ditimbulkan penderita DBD mengalami siklus dalam tiga fase, yaitu fase demam, fase kritis, dan fase pemulihan. Gejala khas DBD, yaitu demam tinggi, timbul bintik merah, penurunan trombosit, dan peningkatan hematokrit. Pada kulit penderita DBD, tampak bintik-bintik pendarahan. Penderita DBD dapat mengalami pendarahan di gusi, hidung, dan usus.

Chikungunya
Nyamuk  Aedes aegypti dan Aedes albopictus merupakan pembawa virus yang menyebabkan penyakit chikungunya. Chikungunya disebabkan virus chikungunya.
Gejala chikungunya diawali dengan gejala pusing, meriang, demam, bintik-bintik merah pada kulit, dan mual. Penderita chikungunya juga merasakan nyeri pada persendian sehingga sulit bergerak.
Untuk mencegah penyakit seperti DBD, Cikungunya dan penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk dilakukan dengan gerakan PSN yaitu pemberantasan sarang nyamuk contohnya menguras bak mandi secara rutin dan menutup tempat penampungan air, mendaur ulang sampah serta menaburkan bubuk abate untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. 

Corona / Covid 19
Pada saat di indonesia bahkan hampir di seluruh dunia sedang mengalami pandemi Covid 19. Penyakit ini juga termasuk dalam penyakit menular. Penyakit ini dapat menular dari manusia ke manusia secara langsung dan dapat menyebabkan kematian. Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini.


Penyakit Tidak Menular
Apa itu penyakit tidak menular? Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyakit yang bukan disebabkan kuman atau virus serta tidak ditularkan kepada orang lain.
Macam-Macam Penyakit Tidak Menular
Penyakit tidak menular bisa muncul akibat pola hidup tidak sehat atau faktor keturunan. Contoh penyakit tidak menular antara lain diabetes, rematik, sariawan, hipertensi, osteoporosis, depresi, keracunan, penyakit jantung, kanker, stroke, ambien, usus buntu, asam lambung, gagal ginjal, asam urat, tumor, obesitas, vertigo, migrain, kolesterol, tipes, dan penyakit paru-paru.

Melindungi Diri dari Penyakit
Melindungi diri dari penyakit dengan cara menjaga tempat tinggal agar tetap sehat dan bersih. Dengan menjaga kebersihan, kita sudah berupaya melindungi diri dari penyakit. Selain itu juga dengan cara menjaga kebersihan diri dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), diantaranya dengan sering mencuci tangan, pola makan sehat dan berolahraga dengan teratur.
Tindakan yang dapat kamu biasakan sehari-hari sebagai berikut dalam menjalankan pola hidup sehat (PHBS) antara lain :
a.  Mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan.
b.  Membasmi jentik-jentik nyamuk.
c.  Menggunakan air bersih untuk keperluan rumah tangga
d.  Mengonsumsi makanan bergizi seimbang.
e. Melakukan aktivitas fisik (olahraga) secara rutin.
f.  Menggunakan jamban sehat.
g.  Menjaga dan memperhatikan kesehatan organ reproduksi.
h.  Mengupayakan kondisi lingkungan yang sehat.
i.  Mandi secara teratur minimum dua kali sehari.
Pembiasaan budaya hidup sehat dapat mencegah penyebaran penyakit. Dengan pembiasaan tersebut, kamu berperan aktif melindungi diri dari penyakit.
Setelah selesai membaca dan memahami materi di atas kerjakanlah latihan soal di bawah ini. Caranya klik link berikut :


Selamat mengerjakan, apabila ada pertanyaan tulis saja di kolom komentar ya....

Untuk contoh RPP Daring PJOK Kelas 5 ini klik disini : RPP 1 lembar PJOK Kelas 5 Daring

Sumber :
Simamora, Berton Supriadi. Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD/MI /. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud, 2019.       

Comments

Popular posts from this blog

Permainan Bola Besar - PJOK Kelas 4

Assalamualaikum, Salam Sehat, Salam Olahraga !!!      Bagaimana kabar kalian semuanya, saya harap kita semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Tetap semangat belajar walapun kita belum dapat bertatap muka di sekolah yang kita rindukan. Ingat pandemi Covid 19 belum berakhir, tetap jaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol pencegahan covid 19 mulai dari pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan yang lebih penting tetap belajar dari rumah hingga pandemi ini benar-benar dinyatakan berakhir dan aman. Pada kesempatan kali ini pembelajaran PJOK untuk kelas 4 kita lakukan melalui daring, jadi bacalah dan pahami materi di bawah ini dengan baik. Setelah itu kerjakan tugas yang diberikan di akhir bacaan ini.      Oke langsung saja, pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang permainan bola besar, seperti sepak bola, bola voli dan bola basket. Untuk itu baca materi dibawah ini !! Apa itu permainan bola besar??       Permainan bola besar adalah olahraga perm

BAB 1 Permainan Bola Besar - Kelas 6

  Assalamualaikum, Salam Sehat, Salam Olahraga !!! Bagaimana kabar kalian semuanya, saya harap kita semua selalu ddiberi kesehatan dan keselamtan. Tetap semangat belajar walapun kita belum dapat bertatap muka di sekolah yang kita rindukan. Ingat pandemi Covid 19 belum berakhir, tetap jaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol pencegahan covid 19 mulai dari pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan yang lebih penting tetap belajar dari rumah hingga pandemi ini benar-benar dinaytakan berakhir dan aman. Pada kesempatan kali ini pembelajaran PJOK kita lakukan melalui daring, jadi bacalah dan pahami materi di bawah ini dengan baik. Setelah itu kerjakan tugas yang diberikan di akhir bacaan ini. Oke langsung saja, pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang permainan bola besar, seperti sepak bola, bola voli dan bola basket. Untuk itu baca materi dibawah ini !!   Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Besar Sepak bola termasuk salah