Skip to main content

BAB 1 Permainan Bola Besar - Kelas 6

 Assalamualaikum, Salam Sehat, Salam Olahraga !!!

Bagaimana kabar kalian semuanya, saya harap kita semua selalu ddiberi kesehatan dan keselamtan. Tetap semangat belajar walapun kita belum dapat bertatap muka di sekolah yang kita rindukan.

Ingat pandemi Covid 19 belum berakhir, tetap jaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol pencegahan covid 19 mulai dari pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan yang lebih penting tetap belajar dari rumah hingga pandemi ini benar-benar dinaytakan berakhir dan aman. Pada kesempatan kali ini pembelajaran PJOK kita lakukan melalui daring, jadi bacalah dan pahami materi di bawah ini dengan baik. Setelah itu kerjakan tugas yang diberikan di akhir bacaan ini.

Oke langsung saja, pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang permainan bola besar, seperti sepak bola, bola voli dan bola basket. Untuk itu baca materi dibawah ini !!

 



Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Besar

Sepak bola termasuk salah satu permainan bola besar, selain bola basket dan bola voli. Ketiga cabang olahraga ini akan kamu pelajari pada pelajaran ini.

Bagaimana variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar?

Dalam permainan bola besar, terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Kombinasi gerak tersebut telah dipelajari pada kelas V. Pada kelas VI, kamu akan belajar variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.

Salah satu manfaat yang dirasakan pada materi kombinasi gerak dasar permainan bola besar ialah kebugaran tubuhmu akan meningkat. Setiap orang ingin memiliki tubuh bugar, bukan? Agar tubuh bugar, kita harus berolahraga secara teratur. Menjaga kesehatan merupakan wujud rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.

 

A.   Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

Sepak bola termasuk cabang olahraga yang digemari banyak orang. Dalam sepak bola, setiap tim terdiri atas sebelas orang yang bermain di lapangan. Setiap tim akan bekerja sama mengalahkan tim lawan dengan menciptakan gol sebanyak-banyaknya.

Apa saja variasi dan kombinasi gerak dasar dalam sepak bola? Mari, pelajari materi berikut dengan saksama.

1.       Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif pada Permainan Sepak Bola

Bagaimana bentuk variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak manipulatif dalam sepak bola? Contoh variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam sepak bola sebagai berikut

a.       Berjalan dan Berlari dengan Menendang Bola



b.      Berlari dan Melompat dengan Menendang Bola ke Arah Gawang

c.       Berjalan dan Berlari dengan Menggiring Bola

d.      Berlari dan Melompat dengan Menyundul Bola



2.       Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

Contoh variasi gerak dasar nonlokomotor dan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam sepak bola yang harus dikuasai adalah sebagai berikut :

a.       Menekuk dan menarik kaki dengan menghentikan bola

b.      Berdiri dan meliukkan badan dengan menghentikan bola menggunakan dada



c.       Membungkuk dan mengayun kaki dalam gerak menendang bola

3.       Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola

Bagaimana bentuk variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan sepak bola?

Variasi dan kombinasi gerak dasar tersebut tampak dalam gerakan melempar bola dengan berdiri dan meliukkan badan. Dalam sepak bola, lemparan bola ke dalam (throw in) terjadi ketika bola keluar dari daerah sisi lapangan.

 


B.   Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli, bagian tubuh yang paling dominan digunakan adalah lengan. Pada subpelajaran ini, kamu diajak mempelajari variasi dan kombinasi gerak dasar dalam bola voli. Apa sajakah variasi dan kombinasi gerak dasar dalam bola voli? Simaklah materi berikut dengan saksama.

1.     Variasi Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli, kamu dapat melakukan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif. Kamu juga dapat melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam bola voli.

a.     Berjalan Pelan dan Berjalan Cepat dengan Memukul Bola dalam Servis Bawah

Servis bawah dimulai dari bawah dengan mengayunkan lengan. Posisi badan berdiri beberapa langkah di belakang garis lapangan. Kemudian, berjalan mendekati garis. Selanjutnya, pukul bola dengan salah satu tangan. Servis dapat dilakukan dengan tangan kanan, diawali gerak memegang bola menggunakan tangan kiri atau sebaliknya. Jika servis menggunakan tangan kanan, posisi kaki kiri sedikit ke depan dan lutut sedikit ditekuk. Kaki kanan berada di belakang. Lambungkan bola dengan tangan kiri, ayunkan tangan kanan dengan kuat hingga bola melewati net ke area lapangan lawan. Ikuti langkah kaki ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Setelah itu, berlari memasuki lapangan secepat mungkin.



b.      Berjalan dan Melompat dengan Memukul Bola dalam Servis Atas

Awalnya, posisi badan berdiri beberapa langkah di belakang garis lapangan. Kaki kiri sedikit ke depan dan lutut sedikit ditekuk, sedangkan kaki kanan di belakang. Untuk orang kidal, berlaku sebaliknya. Jika servis dengan tangan kanan, bola dipegang menggunakan tangan kiri atau sebaliknya. Berjalanlah dan lambungkan bola ke atas kepala. Lakukan lompatan dan ayunkan tangan kanan dengan telapak tangan memukul bola. Ikuti langkah kaki ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Agar pukulan lebih kuat, lakukan awalan dengan berjalan beberapa langkah tanpa menyentuh bidang lapangan.



2.       Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

Bagaimana variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam passing?

a.       Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan dengan Memantulkan Bola dalam Passing Bawah

cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif. Posisi badan berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut ditekuk. Kemudian, ayunkan lengan untuk menyambut datangnya bola. Idealnya, bola tepat mengenai lengan di atas pergelangan tangan. Lakukan gerakan mengayun kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu. Pantulkan bola mengarah ke teman dengan kedua lengan.



b.      Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan dengan Mendorong Bola dalam Passing Atas

Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam passing atas? Lakukan variasi gerak menekuk kaki dan mengayun lengan dengan kombinasi passing atas. Gunakan jari-jari kedua tangan untuk mendorong bola dalam passing atas. Jari-jari tangan dibuka agar siap menerima bola. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Lutut kaki ditekuk untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan aktivitas ini dengan tanggung jawab.

 


C.   Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Pada permainan bola basket, setiap regu berebut memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam ring basket lawan. Agar dapat bermain dengan baik, kamu harus belajar variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola basket.

1.       Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Bola Basket dalam Mengoper (pass) atau Menagkap Bola

Melempar bola basket dapat dilakukan dengan dua tangan atau satu tangan. Dalam gerakan ini, kamu dapat melihat adanya variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak nonlokomotor.

a.       Memegang dan Melempar Bola dengan Meluruskan Lengan dalam melempar bola setinggi dada (chest pass)



b.      Memegang dan Mengoper Bola Atas dengan Mengayunkan Lengan pada gerak melempar bola melalui atas kepala (overhead pass)



c.       Memegang dan Memantulkan Bola dengan Meluruskan Lengan saat mengumpan bola memantul ke lantai (bounce pass).



d.      Memegang dan Melemparkan Bola dengan Meluruskan Lengan dalam mengoper bola menggunakan satu tangan di atas kepala (javaline pass).



Bagaimana variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam menangkap bola?

variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dilakukan menggunakan kedua tangan saat mengkap bola lambung. Posisi awal berdiri dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri ditekuk, kemudian kedua tangan ditekuk. Pada saat bola mengenai telapak tangan, segera pegang bola dengan erat. Bola ditarik mendekat ke badan dengan menekuk siku untuk meredam laju bola.

 

2.       Variasi Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

a.       Menggiring Bola (dribble)

Gerakan ini dilakukan dengan variasi berjalan dan berlari dengan menggiring bola menggunakan satu tangan. Cara menggiring bola dengan memantul-mantulkan bola ke lantai. Gerakan ini bertujuan mencari peluang arah serangan, menerobos pertahanan lawan, serta mengatur tempo permainan. Pada saat menggiring bola, lakukan sentuhan dengan jari-jari tangan sambil memantulkan bola. Pantulkan bola setinggi pinggang. Selain posisi tangan, kamu juga harus memperhatikan posisi badan. Saat menggiring bola, badan sedikit dicondongkan ke depan untuk memudahkan penguasaan bola.



b.      Menembak Bola ke Ring Basket dengan Melangkah dan Melompat

Caranya, melangkah diikuti melompat dengan memegang bola di atas kepala dengan kedua tangan. Ikuti gerakan mendorong bola untuk diarahkan ke ring basket (shooting). Lepaskan tangan kiri dari bola dan tangan kanan mendorong bola ke arah ring basket. Dengan cara ini, laju bola membentuk parabola. Posisi akhir, berdiri dan telapak tangan menghadap bawah.


Setelah membaca materi tentang permainan bola besar di atas diharapkan kalian dapat memahami tentang variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar, setelah itu selanjutnya kerjakan tugas di bawah ini, download lembar kerjanya dengan cara klik link berikut ini :

Kerjakan di buku tulis masing-masing kemudian kirim hasil pekerjaanmu melalui WA grup. 
Selamat mengerjakan !!

Wassalamualaikum, Salam Olahraga !!!

Sumber :
Simamora, Berton Supriadi.
Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VI SD/MI / Berton
Supriadi Simamora. -- Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud, 2019.          xx, 204 hlm. : ilus. ; 29,7 cm.

Comments

Popular posts from this blog

Permainan Bola Besar - PJOK Kelas 4

Assalamualaikum, Salam Sehat, Salam Olahraga !!!      Bagaimana kabar kalian semuanya, saya harap kita semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Tetap semangat belajar walapun kita belum dapat bertatap muka di sekolah yang kita rindukan. Ingat pandemi Covid 19 belum berakhir, tetap jaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol pencegahan covid 19 mulai dari pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan yang lebih penting tetap belajar dari rumah hingga pandemi ini benar-benar dinyatakan berakhir dan aman. Pada kesempatan kali ini pembelajaran PJOK untuk kelas 4 kita lakukan melalui daring, jadi bacalah dan pahami materi di bawah ini dengan baik. Setelah itu kerjakan tugas yang diberikan di akhir bacaan ini.      Oke langsung saja, pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang permainan bola besar, seperti sepak bola, bola voli dan bola basket. Untuk itu baca materi dibawah ini !! Apa itu permainan bola besar??       Permainan bola besar adalah olahraga perm

Penyakit Menular dan Tidak Menular Kelas 5 SD

Pembelajaran PJOK Melalui Daring Kelas 5 SD Assalamualaikum, bagaimana kabarnya? Pasti sudah kangen kan dengan sekolah. Tapi apalah daya kita masih harus tetap dirumah karena ada virus corona Covid 19 supaya kita bisa memutus rantai penyebaran virus ini. Jaga kesehatan walaupun saat berpuasa dengan makan makanan yang bergizi ketika berbuka dan sahur. Lindungi diri dan keluarga dari virus corona dengan selalu cuci tangan kalian,dan tetap dirunah saja apabila bepergian gunakanlah maskes ya. Oke langsung saja bacalah materi dibawah ini supaya kamu dapat memahami tentang penyakit menular dan tidak menular. Bab 9 Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit Kamu pasti mengetahui bahwa kesehatan mahal harganya. Jika tidak menjaga kesehatan, kamu dapat menderita penyakit. Saat tubuh masih sehat, kamu hendaknya mensyukuri karunia Tuhan tersebut. Bagaimana caranya? Berolahraga secara teratur, cukup istirahat, dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat kamu biasakan dalam ke